HAMASAH 2016

Tahun 2016 ini tampaknya akan menjadi tahun yang bersejarah bagi Fakultas Dirasat Islamiyah sendiri. Pasalnya di akhir Mei nanti DEMA Fakultas Dirasat Islamiyah bekerjasama dengan Ittihadu Thalabah Al Lughah Al Arabiyyah (ITHLA) akan mengadakan acara perlombaan tingkat mahasiswa Bahasa Arab se-Indonesia dan santri se-Jabodetabek. Event semacam ini sebenarnya perdana bagi Fakultas Dirasat Islamiyah. Jika UI lebih dulu menyelenggarakan Festival Timur Tengah (FTT), UNJ dengan GAM nya, PBA dengan ALF nya, maka Fakultas Dirasat Islamiyah mengusung nama Harakah Musabaqah Al- Lughah Al-Arabiyyah atau yang disingkat dengan HAMASAH. Event ini ditargetkan akan diselenggarakan setiap tahunnya.

Sebenarnya, event seperti ini telah dirintis oleh DEMA Fakultas Dirasat Islamiyah periode 2013-2014, namun masih sebatas perlombaan antar santri se-Jabodetabek. Berbekal pengalaman kepanitiaan pada event tersebut, maka DEMA Fakultas Dirasat Islamiyah saat ini berani mengambil langkah besar untuk mengadakan event yang lebih besar sebagai bentuk transformasi ke arah yang lebih mapan.

Launching acara HAMASAH ini akan diselenggarakan pada hari Senin, 23 Mei 2016 diAuditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kemudian dilanjutkan dengan serangkaian kegiatan yang variatif dan menarik mulai dari seminar, perlombaan, workshop, bazaar dan expo, donor darah, dan sebagainya. Acara HAMASAH ini akan diselenggarakan sekitar empat hari. Sepanjang acara ini, peserta akan disuguhkan berbagai macam fasilitas, kegiatan, informasi, dan kejutan yang menarik.

Acara HAMASAH yang bertajuk “Merefleksikan Spirit Islami Melalui Ekspresi Diri” ini akan diisi dengan berbagai macam kompetisi yang dibagi menjadi tiga kategori. Kategori pertama ditujukan untuk mahasiswa Bahasa Arab se-Indonesia, meliputi Lomba Debat Bahasa Arab, Musical Poetry Reading (MPR) , dan Arab Idol. Kategori kedua ditujukan untuk para santri Pondok Pesantren se-Jabodetabek meliputi Lomba Cerdas Cermat (LCC), Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), dan Musabaqah Hifdzil Qur’an(MHQ). Kategori terakhir ditujukan untuk umum meliputi Kaligrafi dan Stand Up Comedy.

Adapun seminar akan diadakan pada pembukaan acara hamasah. Seminar yang bertajuk”Merangkai Harmonisasi dalam Khazanah Kesenian Islami” akan menghadirkan beberapa narasumber yang tak asing lagi dengan masterpiece-masterpiecenya di bidangseni Islam. Seminar yg berdurasi sekitar dua jam ini tentunya akan menambah cakrawala peserta mengenai eksistensi dan perkembangan seni Islami saat ini.
Seminar ini juga akan dimeriahkan dengan beberapa penampilan seni yang akanmemanjakan mata dan telinga peserta.

Disamping seminar, acara HAMASAH juga akan diisi dengan rentetan agenda yang takkalah menarik, seperti bazaar dan expo serta workshop pendidikan luar negeri. Kami menghadirkan bazaar-bazaar yang menjual berbagai macam komoditi, mulai dari makanan, pakaian, buku dan kitab, pernak-pernik, dan sebagainya. Tak hanya bazaar, kami juga menghadirkan stand-stand expo pendidikan yang sangat bermanfaat bagi peserta yang ingin tahu tentang informasi pendidikan luar negeri. Ditambah dengan workshop pendidikan yang akan menginformasikan lebih detail tentang pendidikan luar negeri.

HAMASAH tak hanya mempersembahkan kegiatan yang menarik dan variatif, tapi juga diisi dengan kegiatan yang bersifat charity and social. Bekerjasama dengan KSRUIN Jakarta, acara HAMASAH akan dilengkapi dengan kegiatan donor darah. Kantong-kantong darah yang didapat akan disumbangkan langsung ke rumah sakit terdekat.

Semua kegiatan ini dapat dilihat lebih detail di buku panduan HAMASAH (http://hamasahfdi2016.blogspot.co.id/2016/04/buku-panduan-hamasah-2016_36.html).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *